Selasa, 25 November 2014

Asal Usul Roti Maryam

Bismillahirrahmanirrahim...

Dari mana asal roti maryam?

Roti Maryam, yang katanya berasal dari timur tengah, pernyataan ini masih perlu dipertanyakan. Karena pada kenyataannya yang memproduksi roti maryam ini bukan hanya negara arab saja, negara-negara dari benua asia lainnya juga memproduksin roti tersebut.

Asal muasalnya masih menjadi misteri, namun yang pasti roti berbentuk lingkaran ini memiliki sejarah panjang dengan nama yang beragam di berbagai macam negara. Sebagian mengatakan roti ini berasal dari India dan diberi nama Roti Cane karena berasal dari Chennai (Madras, India). Di negara lain, roti ini disebut Prata (Malaysia, Singapura), Palata(Myanmar), atau Farata (Mauritius). Di negara Eropa makanan ini dikenal sebagai Flying Bread (Roti Terbang), sedang di Cina dinamai Yin Du Jiang Bing yang berarti Biskuit Panggang India.

Karakteristik unik dari makanan ini yaitu lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu satu sama lain, dan memiliki rasa yang cenderung datar namun gurih karena berbahan dasar tepung dan lemak. Roti ini juga dikatakan sebagai cikal bakal Martabak yang berbahan dasar sama, hanya saja dengan beragam isian daging dan bumbu di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, roti Maryam lebih dikenal dibawa oleh para pedagang Arab, dan hingga kini masih banyak ditemui keturunan Hadharim yang mengkonsumsinya sebagai makanan keseharian mereka. Menurut tradisi yang berlaku, roti Maryam ditaburi gula atau madu ketika sarapan, dan dimakan dengan gule kacang hijau atau gule merah sebagai menu utama.

BTW, Apapun namanya, yang jelas rasanya nikmat! Roti Maryam sangat cocok sekali untuk santapan di pagi hari. :)
===================

Mau pesan roti maryam ?
Roti Maryam Semarang
Kedai Nizar, Klipang
0898  5945 837
74CF74BA

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 KEDAI NIZAR
| Distributed By Gooyaabi Templates